Kamis, 26 April 2018

Pertemuan 5 : Presentasi Multimedia pembelajaran kimia Hasil Pengembanga



Media Pembelajaran Kimia
Pertemuan 5 :  Presentasi Multimedia pembelajaran  kimia Hasil Pengembangan



     Pada kesempatan kali ini , kita akan lebih mendalami tentang multimedia pembelajaran kimia hasil pengembangan . sebelum kita melihat multimedia pembelajaran kimia seperti apa yang akan diterapkan, ada baiknya kita kembali mengulang pemahaman tentang multimedia itu tersendiri .

·         MULTIMEDIA

    Multimedia adalah  penggunaan lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi. Misalnya, video musik adalah bentuk multimedia karena informasi menggunakan audio / suara dan video.
     Multimedia adalah satu kata yang sebenarnya tidak mudah untuk didefinisikan. Para ahli menganggap bahwa kata “multimedia” sebenarnya wujud barang nyatanya tidak berbentuk. Namun demikian perlu menyimak berbagai batasan pengertian tentang multimedia yang diberikan oleh banyak ahli di bidang tersebut.
     Pengertian multimedia yang dalam pengembangan ini adalah presentasi pembelajaran / instruksional yang Mengkombinasikan tampilan teks, grafis, video, dan audio serta dapat menyediakan interaktivitas .

·         PERAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KIMIA



    Bahan ajar kimia yang ada kebanyakan kurang dapat menggambarkan konsep mikroskopis atau konsep abstrak yang terdapat dalam ilmu kimia. Siswa sulit memahami materi kimia yang bersifat abstrak hanya dengan membaca tulisan atau mendengarkan penjelasan dari guru. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan sumber belajar lain yang dapat digunakan siswa untuk memahami materi kimia yang bersifat abstrak. Salah satunya adalah dengan menggunakan multimedia pembelajaran kimia. Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi (Sodikin, 2009:742). Pembelajaran dapat diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Berdasarkan uraian tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran kimia adalah penggunaan komputer sebagai sumber belajar yang didalamnya terdapat paduan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam mempelajari kimia.

     Adanya anggapan bahwa kimia merupakan pelajaran yang sulit, konsep-konsep kimia banyak yang bersifat abstrak, banyaknya materi yang harus dipahami dan dikuasai membuat siswa cepat bosan dan tidak tertarik mengikuti pembelajaran kimia dengan baik.. Oleh karena itu, penting sekali bagi guru mencari cara yang efektif supaya siswa termotivasi terhadap pelajaran kimia. Salah satu caranya adalah dengan merancang media pembelajaran, dengan media pembelajaran ini konsep-konsep kimia bisa dikongkritkan. Proses pembelajaran akan berjalan efektif bila seluruh kemampuan yang berpengaruh dalam proses tersebut saling mendukung dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Salah satu komponen yang sangat berpengaruh saat ini adalah pemilihan media pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan motivasi siswa. Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh (Hamalik, 2001:235) bahwa pemakaian media dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Itulah sedikit pembahasan mengenai multimedia dan peranannya dalam proses pembelajaran , selanjutnya kita akan memulai presentasi multimedia pembelajaran kimia hasil pengembangan ..

untuk tugas presentasi multimedia, saya membuat video animasi menggunakan aplikasi powtoon , aplikasi powtoon merupakan aplikasi video secara online dan terdiri dari berbagi picture yang dapat digunakan .

link : 
https://www.youtube.com/watch?v=48d_xfwQVi0

Permasalahan :
1.       Apakah hasil pengembangan dari multimedia itu bisa diterapkan pada semua materi kimia ?
2.       Jika anda sebagai guru , apa saja yang menjadi kendala dalam membuat pengembanga multimedia pembelajaran kimia ?
3.       Mengapa masih banyak sekolah yang belum siap dalam penerapan multimedia di lingkungan sekolahnya ?
4.       Dengan tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda , jelaskan bagaimana caranya multimedia dapat menjadi solusi , sehingga semua siswa dapat memahami materi kimia yang diajarkan ?

5 komentar:

  1. Saya akan membantu menjawab permasalahan no 3

    Menurut saya masih banyak sekolah yang belum siap menggunakan multimedia karena terkendala koneksi yang tidak begitu bagus dan kurangnya pemahaman seorang guru dalam menggunakan produk multimedia dimana multimedia ini umumnya menggunakan alat elektronik berupa komputer. Tidak semua sekolah memiliki fasilitas komputer yang memadai dan gapteknya beberapa guru dalam menggunakam komputer menjadi salah satu alasan sekolah tidak menggunakan media

    BalasHapus
  2. Menurut pendapat saya jika saya jadi guru kesulitan dalam mengembangkan multimedia yaitu tidak begitu baik menggunakan media komputer dan juga di sebabkan beberapa faktor antaranya yaiti fasilitas dari sekolah itu sendiri

    BalasHapus
  3. baiklah disini saya akan menjawab permasalahan no.1
    Apakah hasil pengembangan dari multimedia itu bisa diterapkan pada semua materi kimia ?
    jadi menurut saya, multimedia dibuat dengan memperhatikan aspek-aspek pengembangan yaitu prinsip-prinsip dari multimedia itu sendiri, untuk penerapannya tentu disesuaikan dengan materi apa yang akan dijelaskan, tidak semua materi kimia dapat di jelaskan dengan multimedia yang sama, oleh karena itu materi disesuaikan dengan jenis multimedia apa yang cocok.
    terimakasih

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Baiklah saya akan mencoba menjawab permasalahan keempat

    Menurut pendapat saya benar sekali terdapat perbedaan tingkat pemahaman oleh siswa oleh karena itu dibuatlah sebuah alat yang dapat mengatasi permasalahan itu yakni multimedia pembelajaran. Dengan adanya multi media pembelajaran siswa yang mungkin utamanya kurang paham dapat memahami materi dengan adanya multimedia pembelajaran. Siswa yang malas mendengarkan ocehan guru dengan adanya multimedia dia akan lebih mudah memahami materi dibandingkan dengan adanya ceramah guru

    BalasHapus