Media
Pembelajaran Kimia
Pertemuan 5 : Presentasi Multimedia pembelajaran kimia Hasil Pengembangan
Pada kesempatan kali ini , kita akan lebih
mendalami tentang multimedia pembelajaran kimia hasil pengembangan . sebelum
kita melihat multimedia pembelajaran kimia seperti apa yang akan diterapkan,
ada baiknya kita kembali mengulang pemahaman tentang multimedia itu tersendiri
.
·
MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan
lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi. Misalnya, video musik
adalah bentuk multimedia karena informasi menggunakan audio / suara dan video.
Multimedia adalah satu kata
yang sebenarnya tidak mudah untuk didefinisikan. Para ahli menganggap bahwa
kata “multimedia” sebenarnya wujud barang nyatanya tidak berbentuk. Namun
demikian perlu menyimak berbagai batasan pengertian tentang multimedia yang diberikan
oleh banyak ahli di bidang tersebut.
Pengertian
multimedia yang dalam pengembangan ini adalah presentasi pembelajaran /
instruksional yang Mengkombinasikan tampilan teks, grafis, video, dan audio
serta dapat menyediakan interaktivitas .
·
PERAN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA
PEMBELAJARAN KIMIA
Bahan ajar kimia yang ada kebanyakan kurang
dapat menggambarkan konsep mikroskopis atau konsep abstrak yang terdapat dalam
ilmu kimia. Siswa sulit memahami materi kimia yang bersifat abstrak hanya
dengan membaca tulisan atau mendengarkan penjelasan dari guru. Untuk mengatasi
hal tersebut, dibutuhkan sumber belajar lain yang dapat digunakan siswa untuk
memahami materi kimia yang bersifat abstrak. Salah satunya adalah dengan
menggunakan multimedia pembelajaran kimia. Multimedia adalah media yang
menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis,
gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi (Sodikin,
2009:742). Pembelajaran dapat diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan
yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Berdasarkan uraian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran kimia adalah penggunaan komputer
sebagai sumber belajar yang didalamnya terdapat paduan teks, suara,
gambar,animasi, audio dan video yang digunakan sebagai media pembelajaran dalam
mempelajari kimia.
Adanya anggapan bahwa kimia merupakan
pelajaran yang sulit, konsep-konsep kimia banyak yang bersifat abstrak,
banyaknya materi yang harus dipahami dan dikuasai membuat siswa cepat bosan dan
tidak tertarik mengikuti pembelajaran kimia dengan baik.. Oleh karena itu,
penting sekali bagi guru mencari cara yang efektif supaya siswa termotivasi
terhadap pelajaran kimia. Salah satu caranya adalah dengan merancang media
pembelajaran, dengan media pembelajaran ini konsep-konsep kimia bisa
dikongkritkan. Proses pembelajaran akan berjalan efektif bila seluruh kemampuan
yang berpengaruh dalam proses tersebut saling mendukung dalam rangka mencapai
tujuan pendidikan. Salah satu komponen yang sangat berpengaruh saat ini adalah
pemilihan media pembelajaran yang tepat agar dapat meningkatkan motivasi siswa.
Hal ini sesuai dengan yang diungkapkan oleh (Hamalik, 2001:235) bahwa pemakaian
media dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang
baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, bahkan membawa
pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.
Itulah
sedikit pembahasan mengenai multimedia dan peranannya dalam proses pembelajaran
, selanjutnya kita akan memulai presentasi multimedia pembelajaran kimia hasil
pengembangan ..
untuk tugas presentasi multimedia, saya membuat video animasi menggunakan aplikasi powtoon , aplikasi powtoon merupakan aplikasi video secara online dan terdiri dari berbagi picture yang dapat digunakan .
link :
https://www.youtube.com/watch?v=48d_xfwQVi0
link :
https://www.youtube.com/watch?v=48d_xfwQVi0
Permasalahan :
1. Apakah
hasil pengembangan dari multimedia itu bisa diterapkan pada semua materi kimia
?
2. Jika
anda sebagai guru , apa saja yang menjadi kendala dalam membuat pengembanga
multimedia pembelajaran kimia ?
3. Mengapa
masih banyak sekolah yang belum siap dalam penerapan multimedia di lingkungan
sekolahnya ?
4. Dengan
tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda , jelaskan bagaimana caranya multimedia
dapat menjadi solusi , sehingga semua siswa dapat memahami materi kimia yang
diajarkan ?
Saya akan membantu menjawab permasalahan no 3
BalasHapusMenurut saya masih banyak sekolah yang belum siap menggunakan multimedia karena terkendala koneksi yang tidak begitu bagus dan kurangnya pemahaman seorang guru dalam menggunakan produk multimedia dimana multimedia ini umumnya menggunakan alat elektronik berupa komputer. Tidak semua sekolah memiliki fasilitas komputer yang memadai dan gapteknya beberapa guru dalam menggunakam komputer menjadi salah satu alasan sekolah tidak menggunakan media
Menurut pendapat saya jika saya jadi guru kesulitan dalam mengembangkan multimedia yaitu tidak begitu baik menggunakan media komputer dan juga di sebabkan beberapa faktor antaranya yaiti fasilitas dari sekolah itu sendiri
BalasHapusbaiklah disini saya akan menjawab permasalahan no.1
BalasHapusApakah hasil pengembangan dari multimedia itu bisa diterapkan pada semua materi kimia ?
jadi menurut saya, multimedia dibuat dengan memperhatikan aspek-aspek pengembangan yaitu prinsip-prinsip dari multimedia itu sendiri, untuk penerapannya tentu disesuaikan dengan materi apa yang akan dijelaskan, tidak semua materi kimia dapat di jelaskan dengan multimedia yang sama, oleh karena itu materi disesuaikan dengan jenis multimedia apa yang cocok.
terimakasih
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusBaiklah saya akan mencoba menjawab permasalahan keempat
BalasHapusMenurut pendapat saya benar sekali terdapat perbedaan tingkat pemahaman oleh siswa oleh karena itu dibuatlah sebuah alat yang dapat mengatasi permasalahan itu yakni multimedia pembelajaran. Dengan adanya multi media pembelajaran siswa yang mungkin utamanya kurang paham dapat memahami materi dengan adanya multimedia pembelajaran. Siswa yang malas mendengarkan ocehan guru dengan adanya multimedia dia akan lebih mudah memahami materi dibandingkan dengan adanya ceramah guru