Kamis, 29 Maret 2018

Pertemuan 1 : Landasan teoritis multimedia pembelajaran


MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA

Pertemuan 1 : Landasan teoritis multimedia pembelajaran



    Media Pembelajaran adalah suatu alat yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran agar dapat berjalan dengan baik dan menarik.

    Dalam hal ini,kita akan lebih spesifik membahas tentang multimedia yang sering digunakan dalam proses belajar mengajar disekolah yang diterapkan oleh pendidik untuk meningkatkan pemahawan peserta didik dalam memahami suatu materi .

    Multimedia adalah  penggunaan lebih dari satu macam media untuk menyajikan informasi. Misalnya, video musik adalah bentuk multimedia karena informasi menggunakan audio / suara dan video.

     Multimedia adalah satu kata yang sebenarnya tidak mudah untuk didefinisikan. Para ahli menganggap bahwa kata “multimedia” sebenarnya wujud barang nyatanya tidak berbentuk. Namun demikian perlu menyimak berbagai batasan pengertian tentang multimedia yang diberikan oleh banyak ahli di bidang tersebut.

     Pengertian multimedia yang dalam pengembangan ini adalah presentasi pembelajaran / instruksional yang Mengkombinasikan tampilan teks, grafis, video, dan audio serta dapat menyediakan interaktivitas .

    Multimedia pun bisa dibagi menjadi dua kategori, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier adalah multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat 5 pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan). Contoh multimedia linier seperti TV dan film. Multimedia interaktif adalah multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dan lain-lain. Multimedia pembelajaran dapat diartikan sebagai aplikasi multimedia yang digunakan dalam proses pembelajaran. Multimedia itu untuk menyalurkan pesan (pengetahuan, sikap dan keterampilan) serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secara sengaja proses belajar terjadi, bertujuan, terarah, dan terkendali.

       Efektivitas multimedia dapat dilihat dalam beberapa kelebihan multimedia antara lain:
·         Penggunaan beberapa media dalam menyajikan informasi.

·         Kemampuan untuk mengakses informasi secara uptodate dan memberikan informasi lebih dalam dan lebih banyak.
·         Bersifat multi-sensorik karena banyak merangsang indra, sehingga dapat mengarah ke perhatian dan tingkat retensi yang baik.
·         Menarik perhatian dan minat, karena merupakan gabungan antara pandangan, suara dan gerakan. Apalagi manusia memiliki keterbatasan daya ingat.
·         Media alternatif dalam penyampaian pesan dengan diperkuat teks, suara, gambar, video, dan animasi.
·         Meningkatkan kualitas penyampaian informasi.
·         Bersifat interaktif menciptakan hubungan dua arah di antara pengguna multimedia. Interaktivitas yang memungkinkan pengembang dan pengguna untuk membuat, memanipulasi, dan mengakses informasi.

    Disisi lain multimedia dapat memberikan keuntungan terhadap penyampaian dan penerima informasi , antara lain:
a.       Lebih komunikatif
b.     Mudah dilakukan perubahan
c.      Interaktif
d.     Lebih leluasa menuangkan kreatifitas


   Pemanfaatan Multimedia

Pemanfaatan multimedia dapat dilakukan dalam berbagai bidang, antara lain:
Ø  Kegiatan kerja, dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaannya tidak harus dari kantor. Contoh software yang mendukung teleworking/telecommuting adalah Netmeeting.
Ø  Cara belanja, homeshopping/teleshopping yaitu belanja dilakukan dengan menggunakan internet, kemudian barang datang diantar ke rumah. 10
Ø  Jual beli, menggunakan sistem jual beli online, atau bank menggunakan cara online-banking.
Ø  Cara memperoleh informasi, menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi. Misalnya: membaca koran online, belajar musik dari software dan sebagainya.
Ø Cara belajar, proses pembelajaran menggunakan komputer multimedia dengan adanya mengajar atau belajar online, ataupun menggunakan e-book (electronic book)


Permasalahan :
1.      Jelaskan hubungan antara multimedia pembelajaran dengan media pembelajaran sebagai suatu hal yang dapat merangsang pikiran dan minat ?
2.      Adakah dampak negatif yang ditimbulkan oleh multimedia pembelaran interaktif ? jika ada tolong jelaskan dengan singkat dan tepat .
3.      Apakah semua teknologi dapat digunakan sebagai multimedia pembelajaran ? dan jelaskan pendapat anda .
4.      Apakah multimedia pembelajaran selalu lebih unggul dari media pembelajaran tradisional ? apa kelebihan dan kekurangan dari keduanya ?

4 komentar:

  1. Baiklah saya desi ratna sari dengan nim A1C116068 akan menjawab permasalahan nomor 4. Dalam suatu proses belajar mengajar, dua unsur yang sangat penting adalah metode mengajar dan media pembelajaran. Kedua aspek ini saling berkaitan. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pembelajaran yang sesuai, meskipun masih ada berbagai aspek lain yang harus diperhatikan dalam memilih media pembelajaran.
    Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pelajaran yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan minat dan keinginan yang baru, motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa sehingga akan membantu keefektifan proses pembelajaran dalam penyampaian pesan dan isi pelajaran pada saat itu. Selain membangkitkan motivasi dan minat siswa, media pembelajaran juga dapat membantu siswa meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan memadatkan informasi.
    Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penggunaan media pembelajaran erat kaitannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Perkembangan IPTEK semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Teknologi paling tua yang dimanfaatkan dalam proses belajar adalah system percetakan yang bekerja atas dasar fisik mekanik. Kemudian lahir teknologi audio visual yang menggabungkan penemuan mekanik dan elektronik untuk tujuan pembelajaran. Selain teknologi media audio visual masih ada lagi teknologi multimedia yang sering kali digunakan dalam pembelajaran.
    Lahirnya teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur – unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, Diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user.
    Dengan banyaknya variasi media pembelajaran ini, perlu kita ketahui bahwa tidak ada satu media pun yang paling baik. Setiap media memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Keunggulan multimedia :

    1. Media alternatif dalam penyampaian pesan, diperkuat dengan teks, suara, gambar, video, dan animasi

    2. Menarik perhatian, karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat

    3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi

    4. Interaktif
    Setelah kita melihat beberapa kelebihan multimedia, sekarang kita lihat kekurangan dari multimedia itu sendiri. Berikut ini beberapa kekurangan multimedia.

    Kelemahan multimedia :

    1. Design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan, pesan tidak tersampaikan dengan baik

    2. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai

    3. Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas / cacat / disable

    BalasHapus
  2. Baiklah saya fauzan maha putra akan mencoba menjawab permasalahan pertanyaan pertama Jelaskan hubungan antara multimedia pembelajaran dengan media pembelajaran sebagai suatu hal yang dapat merangsang pikiran dan minat ?
    Menurut saya multimedia dapat merangsang pikiran dan juga minat siswa. Dengan adanya multimedia yang ditampilkan misalnya dalam bentuk gambar saja maka siswa akan mencoba berfikir kira-kira pertemuan hari ini mereka akan belajar apa dan kemudian ketika guru mulai menjelaskan maka siswa tersebut akan mengetahui sedikit demi sedikit informasi yang disampaikan oleh guru tersebut dan pada akhirnya dia mengetahui tentang semua informasi dari gambar yang membuat siswa tersebut berfikir tentang hal apa yang akan disampaikan guru tersebut. Inilah yang dimaksud media merangsang pikiran siswa. Kemudia multimedia sebagai perangsang minat. Siswa yang belum atau sedang mencari minatnya dan bakatnya dengan adanya bantuan dari guru dengan menampilkan multimedia makan akan merangsangan minat siswa tersebut. Sebagai contoh seorang guru sedang menampilkan suatu multimedia tentang profesi maka siswa yang tidak mempunya minat atau sedang mencari minat dapat mendapatkan minat yang kira-kira sesuai dengan dirinya. Misalkan dengan multimedia itu siswa berminat untuk menjadi guru karena menurutnya guru tersebut adalah profesi yang mulia

    BalasHapus
  3. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 3.
    Media dan teknologi telah diasumsikan berbagai kalangan sebagai perangkat yang membutuhkan teknologi tinggi.Teknologi baru kan membuat budaya baru. Media dan teknologi penuh dengan potensi kreatif dan pada saat yang sama dengan juga memiliki potensi penyalahgunaan dan bahkan “pelecehan”. Kehadiran terlihat dari teknologi dalam sebuah lembaga penyelenggara pendidikan dan pembelajaran tidak selalu menguntungkan mayoritas pebelajar dan meningkatkan pembelajaran. Hanya dengan paparan media dan teknologi saja untuk peserta pebelajar tidak cukup. Tidak ada jaminan bahwa belajar akan berlangsung dengan baik hanya dengan media pembelajaran.

    BalasHapus
  4. Baiklah saya akan menjawab permasalahan kedua

    Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll. Meskipun multimedia interaktif mempunyai banyak kelebihan dan manfaat, tetapi dalam penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran juga harus mengingat dan mempertimbangkan kelemahan yang dimiliki oleh multimedia interaktif tersebut. Adapun kekurangan/kelemahan multimedia interaktif menurut Swajati (2010) diantaranya yaitu: (a) Design yang buruk menyebabkan kebingungan sehingga pesan tidak dapat tersampaikan dengan baik; (b) Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas/cacat/disable; (c) Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai.

    BalasHapus